Home » » Tangkal Diabetes Dengan Secangkir Teh

Tangkal Diabetes Dengan Secangkir Teh

Kabar baik bagi para penggila minuman teh. Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam British Medical Journal mengungkap bahwa mengkonsumsi secangkir teh secara rutin, khususnya teh hitam dapat mencegah diabetes.

Fakta tersebut telah dibuktikan oleh sekelompok tim peneliti. Tim peneliti internasional menganalisis berdasarkan statistik dari 50 negara yang berpartisipasi dalam Survei Kesehatan Dunia. Mereka menemukan bahwa negara-negara dengan konsumsi teh hitam yang tinggi cenderung rendah terkena penyakit diabetes.

Dalam survey tersebut Irlandia berada dalam daftar tertinggi sebagai negara pengkonsumsi teh hitam, diikuti oleh Inggris, Turki, dan Rusia. Sedangkan Amerika Serikat berada pada posisi ke-32. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Cukup membanggakan, karena diam-diam ternyata Indonesia berada pada daftar ke-16 sebagai pengkonsumsi teh hitam lebih tinggi sedikit dari Malaysia yang berada pada daftar ke-22. Dengan begitu, artinya masyarakat Indonesia cukup memiliki kesadaran dalam menghindari penyakit diabetes.

Berikut Daftar Negara Pengkonsumsi Teh Hitam

Selama ini banyak pemberitaan mengenai khasiat teh hijau. Dengan mencuatnya pemberitaan mengenai teh hitam, bukan berarti membuat pamor teh hijau menjadi semakin menurun. Sebab teh hijau juga memiliki segudang khasiat. Menurut penelitian, teh hijau mengandung catechin (senyawa alami yang bersifat antioksidan) yang cukup tinggi. Aktioksidan yang terkandung dalam teh hijau tersebut memiliki manfaat dalam menurunkan risiko penyakit jantung, beberapa jenis kanker dan bahkan alergi.

Berdasarkan temuan, ternyata teh-hitam yang terbuat dari fermentasi daun teh memiliki manfaat yang lebih kompleks dari teh hijau. Alih-alih catechin, teh hitam pun mengandung antioksidan yang disebut theaflavin dan thearubigins. Antioksidan tersebut yang dapat mengurangi sumbatan pembuluh darah juga dapat mengurangi lemak dalam darah, yang erat kaitannya dengan penyebab diabetes.

So, jangan pernah menganggap remeh dengan minuman yang namanya teh. Karena minuman yang tanamannya tersebar di nusantara ini memiliki banyak khasiat. Minumlah segelas teh setiap pagi, Insya Allah akan terhindar dari berbagai penyakit.


Maybe You Like To Share This Article..

Get free daily email updates!

Follow us!


Saved under :
Avatar

by Unknown

Just sharing my knowledge. Berbagi pengetahuan adalah amal. Sebagaimana kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat.

Comments
0 Comments

No comments:

Leave a Reply


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t