Home » » Awas!!! Hindari Minum Obat Dengan Minuman Ini

Awas!!! Hindari Minum Obat Dengan Minuman Ini

Awas!!! Hindari minuman ini saat meminum obat. Sebab bukannya kesembuhan, melainkan efek negatif yang akan didapat, atau mungkin sakit malah akan bertambah parah. 

Idealnya, untuk meminum obat cara terbaik adalah menggunakan air putih/ mineral. Namun mungkin banyak yang belum mengetahui jika meminum obat dengan minuman berikut justru memiliki efek samping yang berbahaya. Lalu apa saja minuman yang tidak baik diminum saat meminum obat.

Berikut jenis minuman yang dimaksud seperti dilansir dari laman Prevention.com :

1. Minuman berkafein

Minuman berkafien tidak baik digunakan untuk meminum obat, khususnya obat yang mengandung stimulah. Sebab menurut pakar kesehatan, kafein berbahaya jika diminum dengan obat yang mengandung stimulah. Biasakan untuk tidak meminum minuman berkafein saat mengonsumsi pil penekan nafsu makan atau diet, obat asma atau amfetamin. Jika Anda seorang penggila kafein, tunggu 2 hingga 3 jam setelah meminum obat. Kafein tidak hanya terkandung pada kopi, namun teh juga ternyata mengandung kafein. Jadi hindari meminum obat dengan kopi atau teh sebagai pelarut/pelancar.
 
2. Jus pomegranate (Delima)
Menurut pakar, jus delima tidak boleh digunakan untuk meminum obat. Zat yang terdapat dalam jus tersebut dapat memperlambat kecepatan hati untuk memecah pengencer darah dan menyebabkan berkurangnya efeksifitas obat. Tidak hanya itu, para pakar juga menemukan bahwa enzim di dalam jus delima dapat memecah resep obat. Jika Andar terlanjur meminum jus delima, maka beri jedah setidaknya 2 jam untuk meminum obat.

3. Susu

Hampir semua orang suka minum susu, tapi walau diklaim menyehatkan, jangan pernah coba-coba meminum obat menggunakan air susu. Kandungan zat di dalam susu akan mengurangi daya serap antibiotik dalam tubuh sekaligus menghambat penyerapan beberapa komponen tertentu dalam obat. 

Tidak hanya itu, kandungan kalsium pada susu juga dapat mengganggu efektifitas obat. Jadi saat mengkonsumsi obat, biasakanlah untuk menghindari konsumsi susu, setidaknya hingga 4 jam kedepan. Wah, ternyata susu yang terbukti sebagai minuman menyehatkan memiliki dampak negatif terhadap keefektifan dan khasiat obat ya.

4. Jus grapefruit
Grapefruit bukanlah anggur. Namun, buah ini juga tidak dapat disamakan dengan jeruk Bali. Sejatinya jus grapefruit punya karakteristik dan manfaat hebat untuk tubuh. Tapi akan menjadi hal berbeda jika Anda mengonsumsinya untuk minum obat. University of Western Ontario menemukan bahwa meminum jus grapefruit dapat mengganggu kinerja lebih dari 50 obat. Jus ini bisa meningkatkan penyerapan obat-obatan tertentu serta dapat mengubah dosis obat yang diminum dari dosis normal menjadi dosis berlebihan. Maka dari itu, hindarilah minuman ini jika Anda tidak ingin mengalami over dosis.
5. Minuman Isotonik

Hindari minum obat untuk gagal jantung dan obat-obatan hipertensi dengan minuman isotonik karena minuman ini mengandung kalium. Selain itu, kalium yang tinggi juga terdapat pada buah pisang. Kalium berguna bagi penderita hipertensi, tetapi apabila asupan kalium malah berlebihan bisa membahayakan si penderita.

6. Minuman beralkohol (Wine)

Tanpa digunakan untuk meminum obat saja al kohol sudah sangat berbahay, apalagi digunakan untuk minum obat. Fakta mengungkap, satu gelas minuman beralkohol semisal Wine yang dikonsumsi bersamaan dengan meminum obat diklaim dapat menyebakan hipertensi, jantung berdetak cepat, sakit kepala hingga serangan stroke. Nah, jika Anda masih sayang dengan nyawa Anda, jangan pernah sekalipun mencampurkan minuman ini dengan konsumsi obat.

Mungkin itu saja beberapa jenis minuman yang memiliki efek berbahaya bila diminum dengan obat. Kebanyakan minuman jus memiliki efek negative bila digunakan untuk meminum obat. Untuk itu ada baiknya menghindari minuman jus saat meminum obat. Lebih baik meminum obat menggunakan air mineral karena bersifat netral.





Maybe You Like To Share This Article..

Get free daily email updates!

Follow us!


Saved under :
Avatar

by Unknown

Just sharing my knowledge. Berbagi pengetahuan adalah amal. Sebagaimana kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat.

Comments
0 Comments

No comments:

Leave a Reply


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t