Home » » Mengenal Berbagai Simbol Gender/Jenis Kelamin

Mengenal Berbagai Simbol Gender/Jenis Kelamin


Simbol gender merupakan simbol yang digunakan untuk menunjukkan jenis kelamin dari bentuk kehidupan serta untuk mengkarakterisasi suatu jenis kelamin. Secara umum seperti yang kita ketahui, hanya terdapat dua simbol standar yang sering digunakan untuk melambangkan jenis kelamin yakni simbol jantan dan betina. Namun, sekarang ini penggunaan simbol-simbol tersebut semakin meluas

Dua simbol standar menunjukkan jenis kelamin jantan dan betina berasal dari simbol astrologi  yang menunjuk ke planet klasik Mars dan Venus.
Simbol-simbol tersebut telah digunakan sejak zaman Renaissance untuk mengenal elemen dalam alkimia, khususnya logam besi dan tembaga.

Simbol-simbol ini pertama kali digunakan oleh Carolus Linnaeus pada 1751 untuk menunjukkan jenis kelamin efektif tanaman (seks diberikan pada individu blasteran, karena kebanyakan tanaman adalah hermafrodit ).
           Mars simbol (). Simbol untuk organisme jantan.
           Venus simbol (). Simbol untuk organisme betina.

Simbol Pria dan Wanita
Simbol-simbol ini telah lama digunakan untuk mewakili pria dan wanita. Simbol seperti ini diberikan kepada masing-masing dewa-dewa Romawi (Sama dengan dewa-dewa Yunani, hanya dengan nama yang berbeda). 

Simbol ini semua menggunakan lingkaran dengan semacam tanda pengidentifikasi yang melekat.
Lingkaran dengan panah melekat di sekitar posisi jam dua, merupakan perlambangan dari Mars (Ares dalam bahasa Yunani), dewa perang, dan simbol maskulinitas yang kuat. Karena ciri khas tersebut,  maka simbol ini ditujukan pada pria. 

Heteroseksual
Sedangkan lingkaran dengan tanda silang yang menempel dibagian bawah menunjukan perlambangan Venus (Aphrodite bahasa Yunani), dewi cinta dan kecantikan, serta simbol kewanitaan. Oleh sebab itu, simbol Venus dilekatkan pada kaum hawa.

Jika dua simbol Pria dan Wanita digabungkan, itu akan berarti beberapa hal. Dan banyak yang menyetujui apabila simbol gender pria dan wanita digabungkan akan menunjukkan pada simbol heteroseksual. Sebagian menilai, simbol ini merupakan cara heteroseksual dalam menunjukkan kebanggaan untuk orientasi sendiri.

Simbol Gay, Lesbian, dan Feminisme
Sekitar tahun 1970-an, pria gay mulai menggunakan dua simbol laki-laki untuk melambangkan homoseksualitas pria. Penggunaan simbol ini tentu memiliki jedah untuk menghindari panah dari salah satu simbol memotong lingkaran yang lain.

Tak berselang lama, beberapa lesbian pun mulai menggunakan dua simbol perempuan untuk melambangkan homoseksualitas perempuan. Namun hal ini ternyata membawa masalah karena sebagian wanita yang tergabung dalam gerakan feminis menggunakan simbol yang sama untuk mewakili persaudaraan perempuan. Hanya saja, kaum feminis menggunakan tiga simbol untuk mewakili saling lesbianisme.

Yang nampaknya agak aneh, mengapa tidak membiarkan dua simbol berarti lesbianisme dan tiga simbol berarti persaudaraan dari semua wanita? Itu akan lebih masuk akal bagi mereka. Dua simbol berarti lesbianisme dan tiga simbol berdiri untuk persaudaraan perempuan.

Simbol Biseksual
Untuk menterjemahkan simbol biseksual, kemungkinan besar sebagian orang akan sangat kebingungan. Ini disebabkan karena penggambaran simbol yang terbilang rumit, mengenai si pria atau wanita kah yang merupakan biseksual.
Namun pada dasarnya untuk mengenali apa pun jenis kelamin orang yang biseksual dilihat dari jumlah terbanyak simbol jenis kelamin yang ada. 

Dua simbol jenis kelamin pria dengan satu simbol jenis kelamin wanita menunjukan bahwa jenis kelamin pria yang merupakan biseksual. Begitu juga sebaliknya, jika ada dua simbol berjenis kelamin wanita dikombinasikan dengan sebuah simbol jenis kelamin pria berarti  menunjukan wanita lah yang biseksual.

Lalu bagaimana simbol untuk menggambarkan jika pasangan wanita dan pria ternyuata sama-sama biseksual? Untuk menggambarkan hal tersebut maka simbol yang digunakan adalah dua simbol berjenis kelamin pria dikombinasikan dengan dua simbol berjenis kelamin watina.  

Simbol Transgender
Transgender merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan orang yang melakukan, merasa, berpikir atau terlihat berbeda dari jenis kelamin yang ditetapkan sejak mereka lahir. "Transgender" tidak menunjukkan bentuk spesifik apapun dari orientasi seksual mereka. Orang-orang transgender dapat saja mengidentifikasikan dirinya sebagai heteroseksual, homoseksual, biseksual, panseksual, poliseksual, atau aseksual.

Orang transgender memiliki dua simbol untuk dipilih. Yang pertama dan paling jelas adalah penggabungan simbol-simbol laki-laki dan perempuan. Simbol tersebut berupa sebuah lingkaran dengan tanda silang dibagian bawah dan panah pada lingkaran yang sama. Ini melambangkan bagian jantan dan betina yang melekat dalam satu pribadi. Simbol ini merupakan simbol yang paling inklusif dari dua simbol lainnya dan yang paling dikenal. Dalam artian sederhana, ini menunjukkan beberapa tingkat androgini.

Transgender Merkurius
Simbol transgender lainnya sama sekali mengabaikan simbol Mars dan Venus dan menggunakan simbol Merkurius. Dalam mitologi Yunani, Aphrodite (Venus) memiliki anak dengan Mercury (Hermes). Anak itu bernama Hermaphroditus dan memiliki dua alat kelamin pria dan wanita. Namanya juga menjadi asal kata hermaprodit.

Simbol Merkurius memiliki cross memperpanjang bawah untuk mewakili feminitas dan bulan sabit di bagian atas untuk mewakili maskulinitas. Keduanya ditempatkan di ujung-ujung lingkaran untuk menyerang keseimbangan antara bagian laki-laki dan perempuan. Simbol ini tampaknya berbicara lebih kepada orang-orang yang mengidentifikasi trangendered hermaphroditically atau andgroynously.


Gambar : Berbagai sumber

Edited By Bangharri


Maybe You Like To Share This Article..

Get free daily email updates!

Follow us!


Saved under :
Avatar

by Unknown

Just sharing my knowledge. Berbagi pengetahuan adalah amal. Sebagaimana kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat.

Comments
0 Comments

No comments:

Leave a Reply


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t