Home » » Wah,, Eksistensi Bintang Kini Semakin Kritis

Wah,, Eksistensi Bintang Kini Semakin Kritis

Sebuah tim astronom internasional telah melakukan survei komprehensif pertama terkait pembentukan bintang di alam semesta. Usaha ini sepuluh kali lebih besar daripada studi pembentukan bintang sebelumnya. Astronom menegaskan bahwa laju pembentukan bintang telah melambat secara signifikan dari waktu ke waktu. Tapi para peneliti membuat pengecualian dengan temuannya satu ini dengan mengatakan bahwa alam semesta sekarang hampir keluar dari bintang atau komponen pembentuknya.

Dalam observasi ini para ilmuwan menggunakan tiga teleskop besar dalam pengamatan mereka, termasuk VLT (Very Large Telescope) di Chili, dan dua di Hawaii: Teleskop Inframerah Britania Raya dan dan Teleskop Subaru. Melalui teleskop tersebut para ilmuwan mengamati emisi hidrogen alpha. Pada dasarnya mereka hanya mengambil gambar/ snapshot dari pembentukan bintang, yakni galaksi 4, 7, 9 dan 11 pada miliaran tahun lalu. Kemudian gambar tersebut mereka rangkai menjadi semacam sejarah panorama pembentukan bintang di alam semesta.

Para peneliti menemukan bahwa tingkat pembentukan bintang di alam semesta pada saat-saat awal jauh lebih besar daripada alam semesta itu sendiri. Semakin waktu kewaktu bintang tersebut baru terbentuk. Bahkan, berdasarkan hasil ekstrapolasi mereka, seperti dipublikasikan dalam Pemberitahuan Bulanan Royal Astronomical Society, mengemukakan bahwa 95 persen dari bintang alam semesta kini telah terbentuk, dan setengahnya diterka berasal dari 9 dan 11 miliar tahun lalu. Sedangkan keberadaan setengahnya lagi telah menjadi semakin exist dari saat itu.

Jika laju pembentukan ini terus menurun, para astronom memprediksi bahwa alam semesta akan kehilangan lima persen dari populasi bintang sebelum produksi bintang ini berhenti.

Mungkinkah ini tanda-tanda kiamat yang semakin dekat??


Maybe You Like To Share This Article..

Get free daily email updates!

Follow us!


Saved under :
Avatar

by Unknown

Just sharing my knowledge. Berbagi pengetahuan adalah amal. Sebagaimana kata pepatah, sebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi orang lain dan sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang bermanfaat.

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. info infonya sangat bagus gan..
    thanks dah pasang link saya..link agan sudah nangkring juga di blog ane

    ReplyDelete
:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t